Pembicaraan di Belakang Layar


Whispering

Behind the Scene Talk

Dalam sebuah tim yang adem ayem ternyata tetap saja tersimpan potensi konflik. Sebenarnya saya tidak menyangka bahwa beberapa anggota tim menyimpan ketidaksetujuannya terhadap bagaimana tim ini berjalan selama ini. Lantas mengapa mereka tidak mengutarakannya sejak awal, mengapa hingga sekarangpun tetap disimpan saja di alam pikiran masing-masing.

Ada pembicaraan di belakang layar yang dilakukan, yang menurut saya ini dapat melukai keutuhan tim. Memang tidak sampai meruntuhkan, tapi cukup dapat menjadi tambahan supply bahan bakar kehancuran bila suatu saat nanti friksi di antara anggota tim semakin tajam. Bukan berarti pembicaraan di belakang layar tidak pantas untuk dilakukan, tetapi bila itu sampai terjadi maka ada sesuatu yang tidak semestinya telah berlaku.

Biasanya pembicaraan di belakang layar dilakukan karena adanya keterbatasan power yang dimiliki si pelaku yang mana ia tidak mampu memprediksi dan mengendalikan kemungkinan yang terjadi bila pembicaraan itu dilakukan secara langsung dan blak-blakan. Padahal bila memang ada yang tidak disetujui oleh pikiran kita bukankah sebaiknya kita mencari pelurusan dibanding harus memendamnya dalam pikiran kita masing-masing. Dalam psikoanalisis, energi yang terpendam ini akan selalu mencari-cari jalan keluar untuk dapat mengaktualisasikan dirinya baik itu dalam bentuk perilaku maupun simptom-simptom tertentu. Nah, kalau sudah demikian adanya, untuk apa lagi kita mesti bicara di belakang layar kalau toh semuanya akan keluar juga pada akhirnya.

Dibutuhkan kebijaksanaan dalam menyikapi ketidaksetujuan dan jiwa yang seluas lautan dalam menghadapi ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan. Hal ini semata-mata untuk terus berusaha menyelaraskan diri dengan situasi yang kita hadapi. Karena bila kita tidak dapat mengendalikan apa yang terjadi di luar diri kita setidaknya kita selalu dapat mengendalikan apa yang terjadi di dalam diri kita. Tak perlulah kita melakukan pembicaraan di belakang layar, berterusteranglah, atau diam sama sekali dan tersenyum di dalam hati.

About achmadaidil

//pribadi yang menampakkan sebagian kecil jati dirinya dan menyimpan bagian terbesarnya untuk dieksplorasi dan dibentuk sepuasnya// Sms 08170223635, BB: 3268423B

Posted on April 25, 2010, in simple thought. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: